Visi Program Studi Pendidikan Matematika

Mewujudkan program studi Pendidikan Matematika sebagai program studi yang unggul dan berdaya saing nasional dalam mutu dan pengembangan inovasi pembelajaran matematika sekolah yang berbasis penelitian pada tahun 2035

Misi Program Studi Pendidikan Matematika

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi berdaya saing nasional, mampu mengembangkan diri, tanggap, dan mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kemajuan IPTEK serta inovasi dan pergeseran paradigma di bidang pendidikan khususnya yang menyangkut pendidikan matematika.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan inovasi pembelajaran matematika sekolah yang berorientasi kepada pengembangan ilmu dan teknologi  untuk menjawab tantangan di dunia kerja dan kebutuhan masyarakat serta menggiatkan publikasi karya ilmiah di tingkat lokal maupun nasional,untuk mengembangkan pendidikan matematika dan terapannya.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan matematika kepada guru dan masyarakat, guna meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap matematika dan pendidikan matematika.
  4. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengann alumni, stakeholders/user, para praktisi, perguruan tinggi lain, dan lembaga-lembaga terkait di tingkat lokal, nasional, dan internasional yang saling menguntungkan serta untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan matematika.

Tujuan Program Studi:

Sejalan dengan  tujuan STKIP Dampal Selatan, maka Prodi Pendidikan Matematika (S-1) STKIP Dampal Selatan memiliki tujuan sebagai berikut.

Mendidik calon tenaga pendidik matematika agar memiliki kepedulian  dan  kemandirian  yang tinggi, kecakapan dan keterampilan akademik dan profesional untuk memenuhi kebutuhan tenaga pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan matematika;

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, inovatif, dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat, mengikuti perkembangan IPTEK serta dapat bersaing di tingkat lokal dan nasional dalam Pendidikan Matematika.
  2. Memecahkan masalah-masalah dalam pendidikan matematika pada umumnya dan pembelajaran  matematika di sekolah pada khususnya, melalui penelitian yang bermutu dalam berbagai aspek pembelajaran matematika.
  3. Memecahkan masalah-masalah di masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat secara multi disiplin keilmuan.
  4. Memantapkan optimalisasi peran dan fungsi program studi ditingkat lokal dan nasional dengan memperluas jejaring kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Sasaran Program Studi:

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan STKIP Dampal Selatan  sebagai lembaga induknya, maka Program Studi Pendidikan Matematika (S-1) STKIP Dampal Selatan memiliki sasaran meningkatkan:

  1. Mutu input mahasiswa;
  2. Proses Pembelajaran;
  3. Mutu Lulusan;
  4. Mutu Dosen;
  5. Mutu Riset dan Publikasi Dosen
  6. Mutu Kegiatan Kerja sama
  7. Mutu Sistem Administrasi

 

Profil Lulusan Program Studi 


Kompetensi Utama dan Pendukung

Menghasilkan lulusan dengan profil utama calon tenaga pendidik (Guru) matematika dan profil tambahan sebagai analis data, edupreneur,  atau peneliti pendidikan  sesuai dengan kebutuhan stakeholders dan selaras dengan kompetensi  yang ditetapkan oleh KKNI

Peluang Kerja:

Calon Guru Matematika/IPA, Analis Data,   Edu-Preneur, Peneliti Pendidikan, dll.