Mahasiswa STKIP Dampal Selatan Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Alam

Indahnya Belajar di Alam Terbuka

Soni, 14 Vovember 2018,

“Siapa saja yang menginginkan sukses di dunia, maka raihlah dengan ilmu. Siapa saja yang menginginkan sukses di akhirat, maka raihlah dengan ilmu. Dan Siapa saja yang menginginkan sukses di dunia dan di akhirat, maka raihlah keduanya dengan ilmu.” (al-Hadist).

Salah satu ciri khas dalam penyelenggaraan pendidikan STKIP Dampal Selatan adalah mengadakan pembelajaran berbasis Alam. kali ini sasaran atau objek yang dituju adalah Taman Wisata Tanjung Simuntu. sebuah objek wisata yang cukup eksotik, pantai yang menawarkan berbagai kecantikan alam, mulai dari pasirnya, ombaknya ditambah dengan sajian pemandangan dengan deretan ombak yang saling berkejaran menuju pantai.

Pembelajaran  berbasis alam bagi mahasiswa sebagai calon guru dianggap penting, karena Alam, dipandang sebagai sebuah laboratorium yang sangat besar. Laboratorium alam ini menyediakan sumber belajar yang melimpah ruah, sehingga  sayang kalau sumber belajar ini tersia-siakan.

Dengan belajar di alam terbuka, pikiran  akan semakin terbuka. Mereka menjadi berpikir bahwa kegiatan pembelajaran tidak harus dilakukan di dalam kelas dan dalam situasi formal. Namun kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dimana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *